Emas Batangan Antam Vs UBS, Ini Bedanya !

Emas Batangan Antam Vs UBS, Ini Bedanya !

Emas Batangan Antam Vs UBS – Berbicara persoalan investasi salah satu instrumen investasi yang seakan tidak pernah lekang oleh waktu adalah emas. Jika Anda tertarik untuk berinvestasi dalam bentuk emas batangan, sepertinya Anda perlu tahu setidaknya terdapat dua merek emas yang sudah sangat umum tersedia di pasar logam mulia Indonesia.

Baca Juga :  Strategi dan Cara Memulai Bisnis Baju Online Untuk Pemula
Emas Antam dan emas USB
Perbedaan emas Antam dan emas USB

 

Kedua merek emas tersebut adalah emas Antam dan emas UBS. Jadi, apa perbedaan emas batangan Antam dengan emas UBS?

Logam mulia Antam merupakan emas yang diproduksi PT Aneka Tambang Tbk. Perusahaan tambang ini sebelumnya merupakan BUMN sebelum kemudian sahamnya dialihkan pemerintah menjadi anak perusahaan PT Inalum (Persero) sebagai anggota holding.

Baca Juga :  10 Ide Bisnis Sederhana Anti Gagal

Sementara UBS merupakan emas yang dikeluarkan oleh PT Untung Bersama Sejahtera yang merupakan perusahaan swasta pembuat berbagai perhiasan emas yang sudah berdiri sejak tahun 1981 di Surabaya.

Anda masih bingung mau pilih beli emas batangan Antam atau memilih UBS?

Berikut ini Pegud.com sajikan beberapa perbedaan emas batangan Antam dan UBS yang dikutip dari Muhammad Idris di Kompas.com.

Baca Juga :  12 Cara Mudah Menghasilkan Uang dari Blog

 

Ukuran Produk

Emas batangan yang dikeluarkan Antam terdiri dari dari ukuran 0,5 gram, 1 gram, 2 gram, 2,5 gram, 3 gram, 4 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, 100 gram, dan yang paling berat hingga 1.000 gram atau 1 kilogram.

Sementara emas yang diproduksi UBS relatif terbatas dalam segi ukuran. Perusahaan ini hanya merilis emas batangan untuk ukuran 0,5 gram, 1 gram, 2 gram, 3 gram, 4 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, dan 100 gram.

Baca Juga :  Apakah Relaksasi Kredit Berlaku Juga untuk KPR? Simak Penjelasan OJK!

Sertifikat Emas

Sertifikat emas Antam keluaran terbaru memiliki sertifikat yang menyatu dengan kemasannya atau terlaminating. Emas Antam merupakan perusahaan yang emas produksinya bersertifikat LBMA (London Bullion Market Association) sehingga lebih mudah dijual di pasar di negara manapun. Di pasaran juga masih tersedia emas Antam dengan versi kemasan lama, di mana sertifikatnya masih berupa kertas berhologram terpisah.

Baca Juga :  5 perusahaan asuransi Indonesia yang sudah terdaftar di OJK yang bisa jadi pilihan

Sedangkan emas UBS hanya memiliki sertifikat nasional yang dikeluarkan oleh PT UBS sendiri. Untuk pecahan emas paling kecil sampai 4 gram, sertifikatnya berbentuk kertas di mana emas terlaminasi di dalamnya menyerupai bentuk SIM card. Untuk pecahan di atas 5 gram, UBS mengeluarkan sertifikat berbentuk kertas hologram yang terpisah dengan emasnya dan bisa dikeluarkan dari kemasan plastik sehingga bisa dipegang secara langsung.

Baca Juga :  Trik Berjualan di Shopee Tanpa Modal Wajib Anda Coba

Ketersedian Stok

Emas Antam bisa dibeli langsung di Unit Bisnis Antam yang berada di kawasan Pulogadung, Jakarta Timur. Selain itu, PT Antam saat ini juga membuka butik emas di berbagai kota untuk penjualan langsung emas batangan produksinya.

Sedangkan untuk emas UBS tidak mempunyai pusat penjualan khusus sebagaimana emas Antam.

 

Baca Juga :  4 Keuntungan Memilih Nama Domain .id untuk Bisnis Anda

Ukuran Emas

Jika dilihat dari ukurannya, emas batangan Antam relatif lebih kecil dan tebal jika dibandingkan dengan ukuran emas yang dikeluaran UBS yang memiliki dimensi lebih lebar.

Harga Emas

Emas Antam relatif memiliki harga lebih tinggi dibandingkan emas UBS. Sebagai contoh, berikut harga logam mulia batangan di laman penjualan UBS dan Antam pada Selasa (24/3/2020).

Baca Juga :  Atur Keuangan dengan Baik agar Kerja di Rumah Tak Bikin Pengeluaran Membengkak
Emas Antam
Emas UBS
Pecahan 0,5 gram Rp 484.000 Pecahan 0,5 gram Rp 495.300
Pecahan 1 gram Rp 919.000 Pecahan 1 gram Rp 868.200
Pecahan 2 gram Rp 1.787.000 Pecahan 2 gram Rp 1.698.600
Pecahan 3 gram Rp 2.559.000 Pecahan 3 gram Rp 2.526.300
Pecahan 5 gram Rp 4.415.000 Pecahan 5 gram Rp 4.156.500
Pecahan 10 gram Rp 8.765.000 Pecahan 10 gram Rp 8.221.200
Pecahan 25 gram Rp 21.805.000 Pecahan 25 gram Rp 20.411.250
Baca Juga :  Tips Hard Selling Berjualan Online di Media Sosial TikTok

 

Naik turun harga emas batangan Antam maupun UBS bisa dilihat di website resmi penjualan kedua perusahaan.

Jika enam point di atas adalah perbedaan dari emas Antam dan emas USB, berikut ada beberapa kesamaan di antara keduanya. Seperti apa?

Yuk lanjut simak di bawah ini!

Kedua emas batangan ini bisa ditemukan dengan mudah di toko-toko emas, Pegadaian, maupun marketplace. Meski demikian, jika Anda membeli di toko emas, seringnya stok yang tersedia adalah terbatas dan biasanya hanya terdapat ukuran tertentu saja. Jadi untuk pembeliannya, baik emas UBS maupun emas Antam, terkadang harus melakukan pemesanan atau inden.

Baca Juga :  Trik Berjualan di Shopee Tanpa Modal Wajib Anda Coba

Kesamaan berikutnya adalah pada kadar emas. Untuk kadar emas baik Antam maupun USB sama-sama memiliki kadar emas yang sama yaitu 99,99%.

Nah itulah perbedaan yang menonjol dari kedua jenis emas batangan keluaran Antam dengan emas batangan keluaran USB. Apakah penjelasan di atas sudah cukup membuat Anda dapat menentukan pilihan mau berinvestasi logam emas Antam atau USB? Jika ada ulasan yang belum kami cantumkan mungkin Anda dapat menambahkan di kolom komentar. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Baca Juga :  Tips Hard Selling Berjualan Online di Media Sosial TikTok

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *