6 Ide Bisnis Kreatif saat PPKM Darurat Pandemi Covid-19

Ide bisnis kreatif saat PPKM darurat pandemi covid-19 – Pembatasan aktivitas masyarakat banyak diterapkan di berbagai daerah untuk menekan laju penyebaran Covid 19. Hal ini tentu berdampak signifikan bagi masyarakat.

Pasalnya, selama PPKM dilaksanakan mulai 3-20 Juli, seluruh kegiatan masyarakat dibatasi hingga pukul 20.00 WIB. Hal ini juga berlaku untuk pusat perbelanjaan, restoran dan tempat ibadah.

Ada banyak ide bisnis kreatif untuk masyarakat masa kini, yang bisa dilakukan di masa pandemi saat ini. Seperti yang kita ketahui, wabah virus corona telah mengguncang perekonomian global secara besar-besaran.

Bingung dengan aktivitas selama di rumah? Anda bisa membuka arah bisnis yang hanya bisa dilakukan dari rumah lho. Berikut beberapa ide bisnis kreatif yang bisa Anda terapkan selama PPKM.

1. Buat bisnis konsultasi online

Jika Anda seorang dokter, pengacara, musisi, ahli diet atau ahli kebugaran, sekaranglah saatnya untuk Anda. Anda dapat menggunakan layanan online, memperluas jangkauan Anda. Sangat mudah bagi Anda untuk memulai bisnis konsultasi online dari rumah. Anda dapat menghubungi klien secara default melalui portal online. Di bawah ini adalah daftar beberapa ide bisnis online yang disarankan untuk konsultasi.

  • Mulailah dengan pelajaran musik online
  • Mulailah dengan sesi konseling kebugaran
  • Mulai kelas memasak online
  • Mulailah dengan konsultasi diet dengan ahli gizi online
  • Mulai kelas fotografi Anda secara online

Mengapa ini ide bisnis yang bagus?

Selama dan setelah masa karantina, orang akan kesulitan untuk keluar dan menghadiri kelas-kelas ini karena takut tertular. Apalagi, pada tahapan PPKM ini, masyarakat sudah siap belajar keterampilan baru.

Sangat mudah untuk memulai bisnis konsultasi online!

Untuk mendirikan perusahaan konsultan online, Anda perlu melakukan investasi awal yang kecil. Yang Anda butuhkan adalah:

Baca Juga  5 Daftar Asuransi Mobil Terbaik Premi Murah di Indonesia

Platform online untuk memulai, jika Anda ingin membuat akun YouTube, Instagram, WhatsApp, dan Telegram dengan mudah.
Atur kondisi rumah seperti kantor agar terlihat profesional.
Gunakan kamera dan koneksi internet yang baik.

6 Ide bisnis kreatif saat PPKM darurat pandemi covid-19

 

2. Membuka kelas les pendidikan online

Jika Anda memiliki keterampilan atau seorang guru, Anda dapat membuka kelas online untuk les. Apalagi sekarang ini hampir semua siswa belajar melalui media online. Banyak siswa yang kesulitan belajar online, sehingga membutuhkan pendamping selain guru di sekolah.

Jika Anda dari sektor pendidikan atau sektor profesional, Anda dapat meberikan pelajaran mengajar secara online. Mulailah dengan menyiapkan les privat online dan mulailah meningkatkan penghasilan Anda. Ini adalah ide bisnis kreatif untuk masyarakat yang juga berprofesi sebagai guru.

Mengapa ini ide bisnis yang bagus?

Orang tua dan siswa stres karena penutupan sekolah saat ini. Setiap orang ingin sekali menemukan guru online yang baik untuk menutupi kesalahpahaman siswa.

Ada permintaan yang besar untuk tutor online sekarang ini. Bahkan setelah fase PPKM ini, orang tua dan wali akan meminta bimbingan online untuk orang tua mereka. Anda perlu membuat materi kursus dan catatan kursus online yang menarik perhatian siswa. Ide bisnis baru ini berkembang lebih cepat.

3. Jadilah Freelancer yang mandiri

Ada platform seperti Freelancer, 99designs, Fiverr, dan lainnya yang dibutuhkan perusahaan berdasarkan pengalaman. Sekarang Anda cukup meluncurkan platform kerja freelance Anda sendiri dalam hitungan hari. Ini dianggap sebagai salah satu ide bisnis terbaik untuk memulai dengan investasi minimal.

Anda dapat membuat daftar proyek untuk kategori apa pun seperti:
1. Jasa desain
2. penulis online
3. proyek desain web
4. Pemasaran Konten Freelance
5. Pemasaran media sosial
6. Menjadi penerjemah online
7. Kegiatan hubungan masyarakat online

Baca Juga  Tips Hard Selling Berjualan Online di Media Sosial TikTok

8. Proyek pemasaran digital
9. Proyek penjualan

Konsep kantor virtual mendapatkan banyak perhatian baik dari pengusaha maupun karyawan.

Mengapa ini ide bisnis yang bagus?

Karena selama pandemi, banyak profesional diberhentikan secara tidak terduga. Ini telah menyebabkan peningkatan platform freelance dan sekarang adalah waktu terbaik untuk menarik bakat itu.

4. Meluncurkan bisnis home service online

Sebagian besar profesional sekarang bekerja langsung dari rumah, sehingga permintaan akan perusahaan layanan rumah meningkat tajam. Anda dapat membuka layanan terkait rumah secara online.

Jika Anda menyukai berkebun, Anda dapat menawarkan layanan untuk membuka dan memelihara kebun. Atau buka jasa perbaikan listrik, cat rumah dengan dekorasi yang unik dan menarik agar tidak bosan di rumah. Dan masih banyak aplikasi perusahaan jasa rumah online yang bisa dijajaki sesuai dengan pengalaman Anda.

Mengapa ini ide bisnis yang bagus?

Generasi saat ini adalah konsumen terbesar dari layanan rumah on-demand online karena mereka juga merupakan konsumen Internet terbesar. Gaya hidup konsumen yang sibuk mendorong mereka untuk memilih layanan yang tepat sesuai dengan permintaan, yang akan mengarah pada pertumbuhan pasar lebih lanjut di tahun-tahun mendatang.

 

5. Buat usaha pengiriman

Bisnis pengiriman online sedang booming. Saat ini, dunia lebih memilih mode belanja online. Dan situasi akan berlanjut bahkan setelah COVID-19. Ada banyak perusahaan pengiriman makanan online di pasar.

Tetapi beberapa perusahaan pengiriman online fokus pada pengiriman berbagai barang. Ini bisa menjadi titik balik untuk memulai bisnis pengiriman lokal Anda sendiri. Jika Anda bertanya-tanya bisnis apa yang harus dimulai, lihat daftar ide bisnis ini. Dianggap sebagai salah satu perusahaan termudah untuk memulai, Anda bisa memulai.

Baca Juga  Strategi dan Cara Memulai Bisnis Baju Online Untuk Pemula

Anda dapat memulai bisnis pengiriman seperti:

1. Pengiriman obat-obatan atau vitamin
2. Pengiriman bahan makanan
3. Pengiriman kebutuhan sehari-hari
4. Pengiriman makanan

Mengapa ini ide bisnis yang bagus?

Ide bisnis pengiriman lokal on-demand adalah bisnis berbiaya rendah yang dapat menghasilkan hasil yang mengesankan. Sekarang adalah waktu terbaik untuk berpikir tentang investasi untuk pendapatan yang lebih tinggi.

6. Buat pasar sewa online

Tidak apa-apa jika Anda masih belum yakin dengan ide-ide di atas. Anda bisa keluar dari kotak dan menemukan ide untuk diri sendiri. Seperti beberapa waktu ada seorang pria menyewakan dirinya pada Malam Tahun Baru, untuk wanita lajang. Alhasil, ia mendapat banyak tawaran.

Atau jika Anda memiliki pakaian yang tidak terpakai, buku, novel, dan peralatan di rumah bisa disewa. Ada banyak ide pasar sewa yang bisa Anda pilih, dan berikut beberapa di antaranya:

1. sewa pakaian
2. sewa buku
3. Penyewaan real estat
4. Penyewaan furnitur
5. Sewa tempat parkir jika halaman Anda luas

Semoga artikel Ide bisnis kreatif saat PPKM darurat pandemi covid-19 ini bermanfaat bagi kita semua dalam menghadapi pandemi.

Check Also

Cara Membuat Iklan di Facebook Dalam 5 Menit

Cara Membuat Iklan di Facebook Dalam 5 Menit – Facebook adalah platform media sosial dengan …

5 perusahaan asuransi Indonesia yang sudah terdaftar di OJK yang bisa jadi pilihan

5 perusahaan asuransi Indonesia yang sudah terdaftar di OJK yang bisa jadi pilihan. Berikut adalah …