Medan magnet mungkin menjadi peringatan dini bahwa tsunami akan datang

Pegud – Gelombang besar yang disebut tsunami Tiba tanpa peringatan, membuat evakuasi sulit. sebuah Sebuah tim ilmuwan Bumi sekarang Laporkan bahwa dinding air yang hancur dapat diprediksi medan magnet mereka, yang Sebuah sinyal bahwa gelombang akan tiba lebih cepat dari apapun. Hasil tim adalah diterbitkan Dalam Journal of American Geophysical Union for Geophysical Research: Solid Earth.

Tsunami disebabkan oleh aktivitas bawah laut seperti gempa bumi atau letusan gunung berapi yang mengirimkan gelombang kejut yang kuat ke segala arah. Sebuah tanda peringatan khas tsunami adalah resesi cepat laut dari pantai. Namun fenomena yang ditunjukkan oleh tim terbaru menunjukkan bahwa medan magnet tiba sebelum permukaan laut berubah, menjadikannya indikator tsunami yang paling mendesak. ini Idenya disarankan oleh Tapi sebenarnya tidak diukur.

Baca Juga  Puasa Ramadhan Berapa Hari Lagi

“Sangat menyenangkan karena pada penelitian sebelumnya kami tidak melakukan observasi [of] Zhiheng Lin, ahli geofisika di Universitas Kyoto dan rekan penulis makalah penelitian, mengatakan di AGU. Kami punya catatan [of] Permukaan laut berubah, dan kami menemukan bahwa pengamatan konsisten dengan data magnetik kami serta simulasi teoretis.”

Untuk mengumpulkan hasil mereka, tim melihat data dari dua tsunami, satu yang terjadi di Samoa pada tahun 2009 dan yang lainnya yang melanda Chili pada tahun 2010, untuk memodelkan bagaimana medan magnet gelombang berperilaku. Kedua peristiwa ini adalah salah satu data simultan tertua tentang perubahan permukaan laut dan medan magnet tsunami.

“Kami membutuhkan studi yang membandingkan data medan magnet dengan perubahan permukaan laut dari data tekanan, dan saya cukup yakin mereka yang pertama benar-benar membandingkan bagaimana medan magnet permukaan laut cocok dengan perubahan permukaan laut,” kata Nisha Shnepf, seorang ilmuwan Bumi yang berspesialisasi dalam geomagnetisme di University of Colorado di Boulder, yang tidak berafiliasi dengan penelitian ini, pada saat yang sama Melepaskan.

Baca Juga  Puasa Ramadhan 2022 Bulan

Peserta pameran memiliki waktu yang lebih mudah dalam situasi perairan yang lebih dalam, di mana terdapat lebih banyak kebisingan lingkungan di perairan pantai sehingga sulit untuk mendeteksi medan magnet tsunami. itu Perilaku medan magnet – yang penting di sini adalah ketika tiba – bervariasi tergantung pada kedalaman air, tetapi jika tsunami berasal dari air yang dalam beberapa mil, medan magnetnya akan mencapai pantai satu menit sebelum air mulai mengalir. surut, berpotensi Waktu yang menyelamatkan jiwa ketika setiap detik berharga.

“Saya pikir tujuan praktisnya adalah jika Anda meningkatkan kemampuan Anda untuk memodelkan tsunami, … Anda dapat menghasilkan prediksi yang jauh lebih baik tentang daerah-daerah yang mungkin memerlukan peringatan. [and] Seberapa jauh Anda bisa mencapai tempat-tempat tertentu,” kata Schneeb.

Baca Juga  Persiapan Ramadhan Muslim.or.id

Lebih lanjut: Semua yang perlu Anda ketahui untuk selamat dari tsunami

 

Check Also

Ini Peran Vitamin C Dosis Tinggi untuk Cegah Infeksi Virus Corona

Peran Vitamin C Dosis Tinggi di Tengah Pandemi Virus Corona – Jumlah pasien positif Covid-19 …

Tahukah Anda, Apa itu Antiseptik?

Pegud.com – Berbicara antiseptik tentunya bukan sesuatu hal yang baru. kata antiseptik sudah sering kita …