NASA akhirnya meluncurkan Teleskop Luar Angkasa James Webb

Pegud – Setelah lama menunggu, NASA Teleskop Luar Angkasa James Webb diluncurkan. Pada pagi Natal Teleskop diluncurkan dari European Spaceport di Guyana Prancis dengan roket Arianespace Ariane 5 setelah 14 tahun pengembangan dan sejumlah penundaan.

JSWT akan mengorbit Matahari, dekat titik Lagrangian kedua dalam sistem Bumi-Matahari. Dibutuhkan sekitar satu bulan untuk mencapai tujuannya, setelah itu para peneliti akan dapat mengintip ke dalam lubang hitam, mengamati beberapa galaksi tertua di alam semesta dan menilai kelayakhunian beberapa planet ekstrasurya.

NASA bermitra dengan badan antariksa Eropa dan Kanada untuk mengembangkan proyek tersebut. JSWT telah mengalami penundaan sepanjang sejarahnya yang panjang. NASA awalnya berharap untuk meluncurkannya pada tahun 2007, tetapi biaya yang meningkat mendorong para insinyur untuk memikirkan kembali teleskop tersebut pada tahun 2005. Kemudian diumumkan bahwa JSWT sudah siap di tahun 2016. Namun, proyek itu kembali ditunda karena komplikasi konstruksi. Teleskop dirakit di 2019, tetapi kemudian pandemi COVID-19 melanda, menunda pengujian dan pengiriman.

Baca Juga  Infeksi Virus Corona pada Ibu Menyusui, Ini yang Wajib Anda Ketahui

Setelah JWST akhirnya tiba di pelabuhan antariksa, NASA telah menetapkan tanggal peluncuran 18 Desember. Namun, peluncuran itu ditunda hingga hari ini karena inspeksi menit terakhir dan kurangnya cuaca yang tepat. Namun, berapa hari untuk tugas yang begitu penting dan memakan waktu? JWST akhirnya batas ruang Dan dalam beberapa bulan mendatang kita akan mulai mempelajari beberapa penemuannya.

 

Check Also

th 38

Ganti Puasa Ramadhan Tanpa Sahur

Ganti Puasa Ramadhan Tanpa Sahur. Berikut ulasannya kamis 3 februari 2022 : Hal ini didasarkan …

th 34

Niat Membayar Hutang Puasa Ramadhan Di Bulan Rajab

Niat Membayar Hutang Puasa Ramadhan Di Bulan Rajab. Sementara puasa qadha ramadhan tergolong puasa wajib …