Cara periksa apakah PC atau laptop Anda kompatibel Windows 11

Pegud – Microsoft secara resmi mengumumkan keberadaan Windows 11 (OS), pada Jumat (25/6/2021).

Windows 11 dapat diinstal di komputer atau laptop dengan prosesor (CPU) dual-core atau lebih, dengan kecepatan minimal 1 GHz. Windows 11 membutuhkan setidaknya 4 GB RAM, dan 64 GB media penyimpanan tersisa. Namun, ada satu syarat penting yang harus dipenuhi agar mesin dapat diinstal dengan Windows 11, yaitu memiliki Trusted Platform Module (TPM) versi 2.0.

Baca Juga :  Cara mengunduh lagu dari Spotify

Sederhananya, TPM adalah unit chip di dalam komputer yang melindungi berbagai data yang tersimpan di komputer atau laptop dengan sistem enkripsi. Artinya jika perangkat Windows 11 dicuri, pelaku yang tidak bertanggung jawab harus membobol sistem TPM terlebih dahulu jika ingin membajak berbagai file di perangkat tersebut.

 Cara periksa Apakah PC atau Laptop kompatibel Windows 11

Menurut Microsoft, TPM ini diperlukan untuk melindungi komputer atau laptop pengguna menggunakan sistem keamanan berbasis hardware.

Baca Juga :  4 langkah penting sebelum online untuk menjaga komputer Anda aman dari spyware

Menurut TomsHardware, Microsoft menjelaskan: “Komputer masa depan akan membutuhkan jenis teknologi ini untuk melindungi perangkat dari berbagai serangan siber, kecil dan besar.”

Cara Cek TPM di PC atau Laptop

Komputer atau laptop dengan CPU berusia tiga hingga lima tahun, dan banyak yang dikatakan dilengkapi dengan chip ini. Namun untuk memastikannya, pengguna bisa mengecek sendiri apakah komputernya memiliki TPM atau tidak.

Baca Juga :  10 Aplikasi Streaming Sepakbola Gratis dan Live Terbaik Untuk Semua Liga

Caranya adalah dengan menekan tombol “Windows” dan “R” secara bersamaan pada keyboard, atau ketikkan kata kunci “Run” ke menu Start. Kemudian masukkan perintah “tpm.msc” dan klik tombol “OK”. Setelah itu akan muncul layar aplikasi TPM Management System. Kemudian perhatikan lebih dekat kolom berlabel “Status”. Jika kolom bertuliskan “TPM ready to use”, komputer pengguna dipastikan memiliki TPM, seperti terlihat pada gambar berikut.

Baca Juga :  Oppo Reno 6, Ada Apa di Dalam Kotaknya?

Versinya sendiri bisa dilihat di kolom ‘TPM Manufacturer Information’, di bawah bagian ‘Release Specifications’ di kanan bawah yang seharusnya menampilkan versi ‘2.0’. Namun jika pada kolom Status tertulis “Cannot find compatible TPM”, berarti komputer pengguna tidak memiliki TPM atau chipnya rusak, sehingga Windows 11 tidak akan bisa diinstal. Kabar baiknya adalah jika Anda memiliki tiga hingga lima tahun prosesor sebelumnya, ada kemungkinan besar TPM diaktifkan melalui UEFI BIOS.

Baca Juga :  Cara Mudah Menggunakan WhatsApp Web di Android Tanpa Aplikasi 

Metodenya sendiri bervariasi tergantung pada merek perangkat, jadi sebaiknya hubungi produsen komputer atau laptop Anda. Selain menjalani manajemen TPM, pengguna juga dapat dengan mudah menginstal aplikasi PC Health Check dari Microsoft untuk melihat apakah perangkat mereka dapat diinstal dengan Windows 11.

Cara Cek PC/Laptop Kompatibel dengan Windows 11

Jika Anda tertarik untuk mengupgrade Windows 11, Anda dapat memeriksa apakah PC (laptop/desktop) Anda kompatibel atau dapat menjalankan Windows 11 atau tidak, dengan cara berikut:

Baca Juga :  Apakah aman mengunduh perangkat lunak software komputer dari Internet?

Untuk mengetahui apakah PC/Laptop kita bisa menjalankan Windows 11 atau tidak, Anda bisa menggunakan aplikasi bernama Windows PC Health Check. Aplikasi ini memeriksa apakah PC Anda memenuhi kriteria persyaratan sistem untuk menjalankan Windows 11 atau tidak. Anda dapat mengunduh aplikasi Windows PC Health Check melalui tautan berikut.

Setelah diunduh, Anda dapat membuka aplikasi di laptop dan PC Anda. Sebuah jendela akan muncul meminta persetujuan instalasi. Klik ikon kotak untuk menerima persyaratan dan pilih tombol instal untuk melanjutkan ke tahap instalasi aplikasi. Pada popup berikutnya, klik ikon kotak dan pilih tombol Finish untuk segera meluncurkan aplikasi Windows PC Health Check.

Baca Juga :  Ulasan Razer Blade Stealth 13 Serta Spesifikasi Lengkapnya

 

Setelah itu, jendela aplikasi Windows PC Health Check akan terbuka secara otomatis. Di jendela ini, Anda dapat menekan tombol “Periksa Sekarang” untuk memulai proses pemeriksaan kompatibilitas. Tunggu hingga aplikasi selesai memindai komputer atau laptop Anda. Setelah proses selesai, aplikasi akan menampilkan hasil pemindaian.

 

Jika Anda mendapatkan notifikasi seperti gambar di sebelah kiri “This PC can run Windows 11”, maka PC atau laptop Anda memenuhi syarat dan dapat menjalankan Windows 11.

Baca Juga :  Review Smartwatch Amazfit GTR 2

Sebaliknya, jika Anda mendapatkan notifikasi seperti pada gambar di sebelah kanan yang bertuliskan “This computer can’t run Windows 11”, itu tandanya komputer atau laptop Anda tidak dapat menjalankan Windows 11.

Sumber: Pikiranwarga.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *