4 Tips Merawat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Rusak

4 tips merawat baterai laptop agar tidak cepat Rusak

4 tips merawat baterai laptop agar tidak cepat Rusak – Laptop tidak bisa jauh dari apa yang disebut baterai. Meski tanpa baterai laptop, tetap bisa dinyalakan dengan menghubungkannya langsung ke listrik dengan kabel charger. Baterai juga perlu dirawat, maka pada postingan kali ini Pegud akan memberikan tips merawat baterai laptop agar awet.

Baca Juga :  Review Fitbit Versa Lite: Jam tangan pintar entry-level yang fantastis

Namun, bagi mereka yang sangat mobile, sering bepergian, dan bekerja dimanapun Anda suka, sepertinya laptop tanpa baterai tidak akan menjadi senjata Anda.

Karena apalah artinya laptop tanpa baterai. Anda tidak dapat menggunakan laptop Anda dengan kapasitas penuh jika baterai rusak.

Seiring waktu, daya tahan baterai akan semakin lemah dan Anda akan cepat kehabisan daya, terutama jika Anda menggunakan laptop secara rutin.

Baca Juga :  Cara Membuat Kelas Online Menggunakan Google Classroom¬†

Sampai daya baterai melemah, yang menyebabkan kerusakan. Selain itu, daya tahan baterai setiap laptop berbeda-beda tergantung dari spesifikasi laptop yang Anda miliki, beberapa di antaranya berkisar dari yang hanya mampu bertahan sekitar 2 jam hingga hingga 5 jam lebih.

Meskipun saat ini teknologi baterai laptop semakin berkembang, dengan jenis baterai yang disebut baterai Lithium.

Baca Juga :  2 cara cepat untuk mengunduh video TikTok tanpa tanda air 2021

4 Tips Merawat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Rusak

Ketika teknologi lithium mampu menentukan kapan baterai laptop terisi penuh, setelah baterai terisi penuh, baterai tidak akan secara otomatis menyerap energi listrik.

Sederhananya, setelah mengisi baterai hingga 100%, baterai tidak akan terisi lagi, jadi meskipun di charge semalaman, biasanya baterai akan mengalami kelebihan daya yang membengkak.

Dengan fitur baterai Lithium, Anda dapat mengisi daya kapanpun Anda mau tanpa harus menunggu baterai habis dan tidak perlu takut jika pengisian terlalu lama.

Baca Juga :  Simak Rekomendasi Laptop Gaming Terbaru di Bawah 8 Juta Tahun 2021

Karena baterai lithium jenis ini memiliki kecerdasan untuk berhenti menyerap energi listrik saat sudah penuh. Sehingga saat baterai terisi 100%, listrik tidak akan tersimpan dan mencegah baterai terakumulasi kembali.

Namun bagi yang memiliki laptop dengan baterai jenis non-lithium tentunya perlu perawatan agar lebih awet dan tahan lama.

Tentunya karena baterai ini bila rusak sulit atau bahkan tidak mungkin untuk diperbaiki, tidak menutup kemungkinan jika baterai laptop rusak kemudian dibawa ke tukang reparasi, Anda akan diminta untuk menggantinya.

Baca Juga :  Realme 6 dan 6 Pro di Indonesia Resmi Diluncurkan, Bagaimana Spesifikasinya?

Nah, untuk membeli baterai laptop baru, Anda harus mengeluarkan banyak uang karena harganya yang cukup mahal. Baterai bisa menjadi komponen komputer yang harganya lebih mahal dari harga komponen lainnya.

Tips merawat baterai laptop agar tidak cepat rusak

4 Tips Merawat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Rusak

Berikut cara merawat baterai laptop agar awet dan tidak mudah rusak, silahkan simak penjelasannya di bawah ini;

Baca Juga :  Cara Membuat File RAR di PC atau Laptop dengan mudah dalam sekejap

1. Jangan biarkan baterai laptop Anda habis hingga 0%

Mengisi daya baterai di luar batas kapasitas atau terlalu penuh tentu tidak baik.

Demikian juga, membiarkan baterai laptop Anda benar-benar kosong hingga mencapai 0% juga tidak lebih baik.

Jika ini cukup sering terjadi, hal ini dapat mempengaruhi masa pakai baterai Anda secara perlahan.

Baca Juga :  10 Aplikasi Streaming Sepakbola Gratis dan Live Terbaik Untuk Semua Liga

Ini biasanya menghasilkan kesalahan baterai laptop, dan menurut pengalaman saya, baterai tidak akan terdeteksi di laptop dengan pesan kesalahan Tidak ada baterai yang terdeteksi.

2. Hindari tempat panas

Simpan laptop di tempat yang sejuk, meskipun laptop dalam keadaan mati.

Temperatur yang tinggi dapat mempengaruhi kinerja baterai laptop Anda dan dapat menjadi indikator kerusakan baterai jika Anda selalu menyimpan laptop Anda di tempat yang panas atau panas.

Baca Juga :  8 Cara mudah dan cepat menghilangkan virus di laptop dan komputer

3. Sesuaikan kecerahan laptop

Semakin terang laptop Anda, maka semakin banyak pula konsumsi baterainya, sehingga daya baterai yang terkuras lebih banyak terbuang atau tidak tahan lama. Karena itu, Anda harus menyesuaikan kecerahan dan kecerahan layar

4. Jangan terlalu sering melepas baterai laptop

Jika Anda sering melepas baterai laptop, Anda menghubungkannya langsung ke daya listrik. Baterai juga bisa rusak. Selain merusak baterai, cara ini juga bisa merusak laptop lain, seperti motherboard, dll.

Baca Juga :  Cara memperbaiki masalah instalasi Windows 10 yang paling umum

Karena itu, mulai sekarang, hindari melepas baterai dan menyambungkan langsung ke listrik dengan charger.

Semoga tips cara merawat baterai laptop ini dapat membantu Anda agar baterai tidak cepat rusak, awet dan tahan lama. semoga berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *