Cara Membuat Kelas Online Menggunakan Google Classroom 

Cara Membuat Kelas Online Menggunakan Google Classroom – Sekarang saatnya online, semuanya online. Ada toko online, ada kelas online, dan ada juga kelas online, sekarang Pegud akan membahas cara membuat kelas online menggunakan aplikasi Google Classroom.

Kelas online yang Pegud bicarakan tidak jauh berbeda dengan kelas reguler, karena di kelas online ini terdapat banyak fasilitas yang biasanya terdapat di kelas “offline”, seperti tugas, deadline, pengumuman, atau diskusi antara guru dan siswa.

Siswa yang masuk ke kelas online ini juga hanya bisa masuk, karena ada dua cara siswa bisa masuk ke kelas online ini, cara pertama menggunakan kode kelas dan cara kedua adalah dengan diundang oleh guru sendiri, meskipun siswa masuk. 

Biasanya lebih mudah masuk kelas online dengan kode khusus daripada harus menunggu guru mengundang siswa terlebih dahulu, karena jika guru mengundang banyak siswa akan sangat merepotkan.

Kelas online ini bisa memiliki banyak guru, jadi tidak hanya satu guru. Google Classroom merupakan aplikasi yang menyediakan pelajaran online, tentunya untuk masuk ke kelas online ini kita harus memiliki akun google terlebih dahulu.

Apa itu Google Classroom ?

Cara Membuat Kelas Online Menggunakan Google Classroom 

Google Classroom adalah platform pembelajaran campuran yang didedikasikan untuk setiap bidang pendidikan yang bertujuan untuk menemukan solusi atas kesulitan membuat, berbagi, dan mengklasifikasikan tugas tanpa kertas. (dikutip dari Wikipedia)

Selain itu setiap siswa yang ingin mengikuti google class online wajib dan wajib memiliki akun google, karena itulah hal pertama yang akan ditanyakan ketika ingin mengikuti google class ini.

Nah, sekarang Anda seorang guru yang ingin membuat kelas online, tetapi tidak tahu cara membuat kelas online menggunakan aplikasi Google Classroom? Tenang saja, silahkan buka artikel ini dan kamu akan bisa melakukan les online dengan mudah.

Cara Membuat Kelas Online di Google Classroom

Seperti yang Pegud katakan sebelumnya, untuk dapat membuat kursus online ini, Anda harus terlebih dahulu memiliki akun google, jika Anda tidak tahu caranya, silakan klik tautan cara membuat akun google.

Pada metode ini saya hanya fokus menggunakan aplikasi google classroom, walaupun sebenarnya bisa juga menggunakan web google classroom, namun secara khusus pada artikel ini saya hanya akan menggunakan aplikasinya saja.

Karena menurut saya pribadi, mendaftar kelas online dengan aplikasi Google Classroom lebih mudah jika dibandingkan dengan Google Classroom versi web. Meskipun sebagian besar fitur sudah ada di Google Classroom versi web.

Tetapi jika Anda hanya ingin membuat kelas, versi aplikasi dari Google Classroom ini adalah opsi termudah. Disini Pegud akan memberitahu Anda cara membuat kelas online menggunakan aplikasi Google Classroom, silahkan baca dengan seksama dan lakukan dengan benar.

  • Pertama, buka aplikasi Google Classroom Anda, klik tanda “+” di kanan atas, atau tanda yang disorot pada gambar di bawah, lalu klik Buat Kelas.

  • Akan muncul layar seperti di atas, ini adalah peraturan dan tata tertib di google classroom, jika ingin melanjutkan klik kotak kosong yang anda tandai sampai berubah menjadi biru, lalu klik Continue.
  • Ini adalah template untuk kelas yang akan Anda buat:

Kotak satu: Anda mengisi nama kelas Anda, biasanya berdasarkan topik.

Baca Juga :  Normalkah Bayi Baru Lahir Begini?

Kotak kedua: Isi dengan bab yang sedang Anda pelajari, misal Bab 2.

Kotak ketiga: Isi dengan kelas yang Anda ajar, misal kelas 2-1.

Kotak keempat: Isikan nama topik pada kotak ini.

  • Jika Anda klik Generate yang terletak di kanan atas atau dipilih pada gambar di atas, dan tunggu hingga proses selesai.

Pada titik ini, kelas online Anda telah berhasil dibuat, dan kemungkinan besar akan terlihat seperti gambar di atas. Disini saya membuat class dengan nama class bahasa indonesia dan di bawahnya adalah class 2.

Manfaat Google Classroom

Ada banyak manfaat yang bisa diberikan dengan mengikuti pelajaran online di Google Classroom. Kita bisa terhubung dengan teman atau sahabat tanpa harus langsung bertemu langsung. Kita dapat dengan mudah berinteraksi dengan Google Classroom.

Kesimpulan

Kelas ini dapat langsung digunakan. Anda dapat mengundang siswa Anda untuk masuk ke kelas dan berinteraksi seperti di kelas reguler. Kami harap metode ini berhasil untuk Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *