Mengenal Perbedaan Antara Hosting, Server, dan Domain Dalam 5 Menit

Mengenal Perbedaan Antara Hosting, Server, dan Domain Dalam 5 Menit

Mengenal perbedaan antara hosting, server, dan domain Dalam 5 Menit – Saat ingin berbisnis, memulai blog, atau apapun alasan membuat website, Anda perlu mengetahui istilah-istilah terkait website agar tidak salah paham.

Anda akan mendengar istilah seperti hosting, server, dan domain. Jadi, apa perbedaan antara server, domain, dan hosting?

Server, Domain & Hosting

Server, domain, dan hosting adalah 3 hal yang saling berkaitan, namun maknanya sering membingungkan. Mari kita bahas satu per satu.

Mengenal Perbedaan Antara Hosting, Server, dan Domain Dalam 5 Menit

Arti Hosting

Hosting adalah tempat untuk menyimpan data pada sebuah website. Hosting disimpan di server. Meskipun sama-sama mengambil data, perbedaan antara hosting dan server adalah server memiliki hard disk, RAM, dan prosesor, yang bentuk dan ukurannya dimodifikasi untuk disimpan di rak server.

Ada beberapa jenis hosting yang bisa Anda pahami, dua di antaranya adalah shared hosting dan cloud hosting.

Shared hosting adalah jenis hosting dengan harga terjangkau yang digunakan oleh beberapa situs secara bersamaan. Artinya hosting yang Anda gunakan berada di server yang juga digunakan oleh orang lain, sehingga kecepatan website dibagi oleh pengguna lain.

Cloud hosting adalah layanan hosting yang disimpan di server dan terhubung melalui Internet. Oleh karena itu, jumlah server yang digunakan bisa lebih dari satu, sehingga ketika terjadi masalah, server lain yang terhubung ke Internet dapat menjadi cadangan sementara sampai masalah teratasi.

Umumnya ketika Anda menyewa jasa hosting, yang Anda dapatkan adalah layanan untuk menyimpan data yang akan digunakan untuk website Anda, seperti data berupa teks, video, audio, gambar, file dan lain-lain. Sekarang, mari kita cari tahu hosting seperti apa yang tepat untuk Anda, dari sini.

Server

Server adalah sistem komputer yang menyediakan layanan tertentu dalam jaringan komputer. Tugasnya adalah menjalankan fungsi program yang mengontrol akses ke jaringan dan sumber daya di dalamnya.

Server harus selalu disimpan dalam sebuah data center yang didukung dengan fasilitas yang lengkap agar hardware server dapat berfungsi secara optimal saat diakses dari seluruh dunia dan tidak mudah rusak sehingga dapat bertahan dalam waktu yang lama.

Secara umum, server akan bekerja ketika ada permintaan dari klien. Pelanggan yang relevan adalah Anda saat mengakses Internet melalui browser.

Saat menggunakan Internet, Anda pasti mengakses situs web, baik google.com, bing.com, dll. Kemudian, server akan mengirimkan informasi ke perangkat Anda sesuai dengan yang Anda cari.

Domain

Domain adalah nama yang telah diidentifikasi dan diatur oleh otoritas manajemen nama domain. Di Indonesia, nama domain diatur oleh Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI).

Jika sebuah situs web terlihat seperti rumah, domain adalah alamat rumah yang menggantikan “geolokasi” rumah dan yang dalam konteks ini menggantikan alamat IP.

Nama domain tidak dapat dibeli, Anda hanya dapat membayar sewa yang harus diperbarui setiap tahun.

kesimpulan

Setelah membaca penjelasan perbedaan server, domain, dan hosting di atas, apakah Anda lebih memahami perbedaan masing-masing istilah?

Ingat, setelah Anda memiliki domain, Anda masih harus mendaftarkan akun hosting untuk mempublikasikan situs web.

Saat memilih layanan hosting web, pastikan untuk memastikan keamanan dan kecepatannya. Psst, akan lebih baik jika penyedia hosting Anda siap membantu Anda setiap hari selama 24 jam.

Saya harap artikel ini membantu Anda!

Baca Juga :  Grup WhatsApp/WA Komunitas Blogger Indonesia dan Luar Negeri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *